Ketahui 3 Jenis Yoga Jakarta Selatan

 

Yoga Jakarta Selatan merupakan salah satu jenis senam yang sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Yoga memiliki peran yang beragam bagi jasmani serta rohani seseorang yang melakukannya. Seperti membangun harmoni antara tubuh, jiwa serta pikiran menjadi salah satu dasar yang penting ketika mempraktikkan senam Yoga yang dilakukan sebagai media guna mencapai kesadaran spiritual.

Yoga memiliki jenis yang berbeda. Baik dilihat dari aspek gerakan maupun inti latihan yang akan dicapai selama melakukan senam Yoga. Berikut ini merupakan 4 jenis Yoga Jakarta Selatan yang dapat Anda coba guna menyelaraskan jiwa, tubuh, serta pikiran agar mencapai tingkat kesadaran spiritual.

1. Vinyasa
Jenis Yoga yang satu ini juga dikenal dengan nama lain, yakni Flow Yoga. Bagi Anda yang menyukai gerakan-gerakan yang bersifat ritmis serta dinamis, Vinyasa merupakan jenis Yoga yang tepat untuk dicoba guna memenuhi kebutuhan Anda. Gerakan Flow Yoga ini sedikit banyak mirip dengan gerakan ketika Anda berdansa. Adapun inti dari latihan Vinyasa ialah keep moving dan flow. Pernapasan menjadi komponen utama ketika melakukan jenis yoga yang satu ini. Meskipun Vinyasa mirip dengan dansa, namun gerakan yang dilakukan secara perlahan serta selaras dengan pernapasan Anda. Manfaat yang diberikan oleh Vinyasa ialah menyelaraskan tubuh dengan kekuatan napas yang dimiliki seseorang.

2. Hatha Yoga
Hatha Yoga merupakan salah satu dari sekian banyak cabang senam yoga. Yoga yang satu ini lebih menekankan kepada teknik postur, olah napas, kuncian, serta gestur. Bagi para pemula yang hendak mencoba senam yoga, Hatha Yoga memang cocok untuk menjadi pilihan. Adapun inti latihan dari Hatha Yoga yakni dengan melakukan latihan ringan yang melibatkan sendi untuk memperkuat menyeimbangkan, serta melonggarkan anggota tubuh. Manfaat lain yang diberikan Hatha yoga yakni menyeimbangkan antara tubuh serta pikiran, meningkatkan pengalaman spiritual, meningkatkan kesehatan seseorang, serta mengurangi gejala stress.

3. Astanga Yoga
Jenis yoga berikutnya yang tak kalah memberikan beragam manfaat ialah Astanga Yoga. Senam yoga yang satu ini dikembangkan oleh Sri K. Pattabhi Jois. Astanga yoga dikatakan terinspirasi dari Vinyasa yoga, sehingga tak heran jika gerakan dari senam yoga yang satu ini bersifat aerobik. Adapun inti latihan dari Astanga yoga ialah menekankan pada latihan fisik serta sinkronisasi napas yang dikeluarkan oleh tubuh. Gerakan yang dilakukan dalam Astanga yoga besifat progresif, tanpa ada jeda, dan dilakukan dengan serangkaian pose yoga yang dapat menghasilkan keringat lebih banyak. Manfaat yang diberikan oleh Astanga yoga juga tidak main-main, antara lain meningkatkan sirkulasi darah serta stamina tubuh, dipercaya dapat menurunkan berat badan, dan memperkuat otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *